Revitalisasi Posyandu Desa Labuan Pandan

  • Jumat, 25 Januari 2019 - 21:17:14 WIB
  • Administrator
Revitalisasi Posyandu Desa Labuan Pandan

Pagi (18/1) pukul 9.00 WITA, mahasiswa Universitas Gadjah Mada dibantu oleh warga dan kelompok pemuda desa melakukan gotong royong untuk memperbaiki posyandu yang berkolasi di dusun Labuan Pandan. Aktivitas ini adalah salah satu bentuk pengabdian KKN PPM UGM kepada masyarakat desa Labuan Pandan yang terkena gempa.

           

Revitalisasi posyandu dilakukan semenjak tanggal 18 Januari 2019 dan akan terus berlanjut hingga dua minggu kedepan. Perbaikan bagian gedung yang melingkupi dinding, atap dan pagar. Semua pengerjaan dilakukan oleh pemuda desa, warga dan mahasiswa KKN-PPM UGM.

Setiap tahap dari proses perbaikan dilakukan secara gotong royong, mulai dari perancangan, pembelian bahan hingga pembangunan. Saat ini, proses revitalisasi sudah mencapai ke tahap pembangunan. Bagian yang diangun ulang beberapanya adalah genteng, dinding, dan pagar.

Pada poses awal, tim membersihkan bagian luar posyandu yang sudah mulai ditumbuhi rumput liar. Timpun melakukan pengecekkan dan meneliti bagian apa saya yang perlu diperbaiki dan bagian yang perlu dirobohkan untuk alasan keamanan.

Hari berikutnya, setelah pengecekan dilakukan, beberapa bagian pagar luar posyandu yang sudah retak bahkan dihancurkan untuk dibangun ulang. Setelah itu, pagar di beri pondasi, diberi batako, dan disemen seperti semula.

Selain itu, tim yang terbentuk secara sukarela ini juga pengganti plafon dengan triplek dan menambal genteng yang runtuh akibat gempa. Proses selanjutnya yang akan dilakukan adalah pengecetan ulang dinding dan penggantian pintu kamar mandi.

  • Jumat, 25 Januari 2019 - 21:17:14 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya